Muara Hijrah


Muara Hijrahku
Ust Nuzul Dzikri 
Ust Syafiq Riza Basalamah 
26 Syawal 1438 H


Hijrah dijelaskan oleh para ulama secara bahasa yaitu: jauh.

Arti hijrah scr terminologi:
Orang" yg berhijrah adalah meninggalkan sesuatu yg dibenci oleh Robbnya & jg kita cintai.

Hijrah secara fisik:
Seperti dari sebelum memakai jilbab menjadi pakai jilbab. 

Hijrah dgn hati: hijrah pada saat bertawakal, berharap dan menata hatinya. 

Seseorg tidak bs istiqomah sampai hatinya ikut berhijrah
_Al baihaqi_



قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا ۖ قُلْ لَمْ تُؤْمِنُوا وَلَٰكِنْ قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ ۖ وَإِنْ تُطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ لَا يَلِتْكُمْ مِنْ أَعْمَالِكُمْ شَيْئًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Orang-orang Arab Badui berkata, “Kami telah beriman.” Katakanlah (kepada mereka), “Kamu belum beriman, tetapi katakanlah ‘Kami telah tunduk (Islam),’ karena iman belum masuk ke dalam hatimu. Dan jika kamu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia tidak akan mengurangi sedikit pun (pahala) amal perbuatanmu. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”
(QS Al Hujurot: 14)

Ketahuilah di dalam sebuah tubuh ada segumpal daging, yaitu hati. Jika hati itu baik maka semuanya baik, jika hati itu tidak baik, maka semuanya tidak baik.

🍂 Jika kita hijrah hanya stuck dalam penampilan, org munafik jg bisa. Yg perlu ditekankan khususnya masalah keikhlasan. Jika kita jujur melakukan krn Allah maka, Allah akan memudahkan hijrah kita. Separah apapun ujiannya. Ketika Nabi Yusuf terpojok secara psikis, wanita itu ingin memiliki Nabi Yusuf, secara naluri beliau jg suka sama wanita itu. Kenapa Allah tolong Nabi Yusuf? Krn Nabi Yusuf termasuk hamba" yg ikhlas. 

Yg Allah inginkan dr amal ibadah kita, *niat & keikhlasan* jangan berhenti dalam hijrah fisik saja.

Bagaimana kita mengetahui apa yg Allah sukai & Allah benci?
Tidak ada jalan kecuali belajar. Ayat pertama yg turun yaitu _iqro'_. Bacalah. Banyak banget yg kita ga tau & Allah mengajarkannya. Kita bersyukur terlahir secara Islam tp kita ga tau mana hal yg boleh & tidak boleh dilakukan. Ada org umur 60th, puluhan buku dia baca tp dia baru tahu bahwa riba itu haram.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.
(QS. Al Baqoroh: 208)

Tidak ada suatu amalan yg hambaku mendekatkan diri kepada-Ku melainkan yg wajib".
(Hadits qudsi)

Krn Allah memerintahkan utk melakukan hal yg wajib dulu, baru mempelajari yg sunnah. 

Org yg merasa cukup akan ilmu maka ia akan bodoh. Janganlah merasa cukup dlm menuntut ilmu. Jika menuntut ilmu dgn setengah" maka ia akan mudah memvonis org.

Luruskan niat kita ketika berhijrah. Jgn putus utk berdo'a. Minta didekatkan ilmunya sama Allah. Nabi" sblm Nabi Muhammad shollallaahu 'alayhi wasallaam terus menerus melakukan amal sholeh dgn rasa takut & cemas. Semakin berilmu semakin takut kpd Allah. 

Ketika kita sedang futur, maka jgn sendirian di kamar. Setan" dgn mudahnya menggoda.


🍂 Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.”
(HR. Bukhori, Muslim)

📝 *Korek api neraka itu bukan pezina, bukan perampok, tp org baik yg niatnya salah*

Kita tidak bisa bertahan dlm hijrah, dlm istiqomah, jika kita tidak tahu ilmunya. Kenapa ada org yg bertahan meski sudah kena kanker stadium tinggi? Krn dia tau bahwa penyakit yg dideritanya bisa mengundurkan dosa"nya.


وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَىٰ مَا لَمْ تُحِطْ بِهِ خُبْرًا

Dan bagaimana engkau akan dapat bersabar atas sesuatu, sedang engkau belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?”
(QS. Al Kahfi: 68)

Wallahu a'lam bishshowaab
Sumber : Kajian The Rabbanians

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Muara Hijrah"

Post a Comment